Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(
R P P )
Nama
Sekolah : SMP
MUHAMMADIYAH I
YOGYAKARTA
Mata
Pelajaran : Ibadah/Muamalah
Kelas/Semester : VII / I
Waktu : 4 x 45 menit (2 x
pertemuan)
Aspek : Fiqh
Guru
: Laksita Nafi
Wardani

A.
Standar
Kompetensi :
Memahami Ketentuan Shalat Berjama’ah dan Shalat Munfarid
B.
Kompetensi
Dasar :
Memahami Shalat Berjama’ah dan Shalat
Munfarid
C.
Indikator
: 1.a. Menjelaskan Pengertian Shalat
Berjama’ah
1.b. Menjelaskan Hukum dan Keutamaan Shalat
Berjama’ah
1.c. Menjelaskan tata cara sholat berjamaah (imam,shaf,dan
makmun)
1.d. Menunjukkan hikmah shalat berjamaah
1.e. Membiasakan shalat berjamaah dalam
Kehidupan Sehari-hari
2.a Menjelaskan pengertian Munfarid
2.b. Menjelaskan
Pengertian Tuma’ninah
2.c. Mengidentfikasi
cara sholat yang
Thu’maninah.
D. Tujuan Pembelajaran
:
1)
Siswa mampu menjelaskan
pengertian shalat berjama’ah
2)
Siswa mampu menjelaskan hukum dan keutamaan shalat berjama’ah
3)
Siswa mampu menjelaskan
tata cara sholat berjamaah (imam,shaf,dan makmun)
4)
Siswa mampu menunjukkan
hikmah shalat berjamaah
5)
Siswa mampu membiasakan
shalat berjamaah dalam Kehidupan Sehari-hari
6)
Siswa mampu menjelaskan
pengertian shalat munfarid
7)
Siswa mampu menjelaskan pengertian shalat tuma’ninah
8)
Siswa mampu mengidentfikasi cara
sholat yang thu’maninah
D.
Matei
Ajar (Materi Pokok)
1.
Shalat Berjama’ah
a.
Pengertian Shalat
Berjama’ah
b.
Hukum dan Keutamaan
Shalat Berjama’ah
c.
Tata cara Shalat
Berjama’ah (imam,shaf dan makmum)
d.
Hikmah Shalat
Berjama’ah
2.
Shalat Munfarid
a.
Pengertian Shalat
Munfarid
b.
Pengertian Tuma’ninah
E.
Pendekatan
Rasional, Emosional, Fungsional, dan
Pengalaman.
F.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab, Penugasan
(resitasi), dan Sosio drama.
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (10
menit)
1)
Salam, berdoa dan
menanyakan keadaan siswa serta memberi motivasi belajar.
2)
Merapikan kelas,
menertibkan siswa dan membaca buku absensi siswa.
3)
Guru memberitahukan
kepada siswa tentang tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari hari
ini.
4)
Guru melakukan tanya
jawab tentang pelajaran sebelumnya dan dikaitkan dengan materi yang akan
dipelajari.
5)
Guru memberikan soal
pretes untuk memberikan apresepsi tentang materi sebelumnya.
2. Kegiatan Inti (95
menit)
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
PERTEMUAN
PERTAMA
Eksplorasi
a) Menerangkan
konsep dan mengaitkan materi yang diajarkan dengan fenomena kehidupan sehari-hari.
b)
Guru bertanya kepada peserta didik tentang materi hari ini, untuk
mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka.
Elaborasi
a)
Guru menjelaskan materi
yang akan diajarkan pada hari ini (penegrtian, keutamaan,dll).
b)
Siswa menelaah lebih
dalam mengenai keutamaan shalat berjama’ah.
Konfirmasi
a)
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui oleh siswa.
b)
Guru memberikan
apresiasi kepada siswa yang aktif mengikuti pembelajaran.
c)
Guru bersama peserta didik mengoreksi bersama hasil pekerjaan peserta
didik
d)
Kesimpulan
|
15
menit
65
menit
15 menit
|
PERTEMUAN
KEDUA
Eksplorasi
a)
Guru memotivasi
peserta didik mengenai keutamaan shalat berjama’ah
b)
Guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan
fenomena kehidupan sehari-hari.
c)
Guru bertanya kepada peserta didik tentang materi
hari ini, untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mereka.
Elaborasi
a)
Peserta didik dibagi
menjadi beberapa kelompok
b)
Siswa melakukan
praktik shalat berjamaah, mensimulasikan shaf makmun menjadi makmun muwaqif
dan makmun masbuk.
Konfirmasi
a) Siswa
dapat menerapkan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari
b) Kesimpulan hasil belajar.
|
15
menit
65
menit
15 menit
|
3. Kegiatan Akhir
a) Refleksi pembelajaran terkait proses pembelajaran dan guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum
dipahami.
b) Menyimpulkan
materi pembelajaran.
c) Guru memberi tugas mengerjakan soal yang terdapat
dalam buku paket atau LKS terkait materi kepada peserta didik.
d) Melakukan
penilaian terhadap partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.
e) Guru
mengakhiri pelajaran dengan berdoa bersama dan salam
H.
Alat/Sumber
Belajar
1.
Buku Ibadah/Muamalah
kelas VII
2.
White Board dan Spidol
3.
LCD
4.
Laptop
5.
Media Power Point
I.
Penilaian
1. Prosedur Penilaian :
a.
Penilaian Kognitif
1)
Jenis :
Pertanyaan lisan dan tulisan
2)
Bentuk Instrumen : Uraian
Contoh Instrumen : 1. Jelaskan pengertian shalat berjama’ah !
2.
Jelaskan pengertian shalat Munfarid !
3.
Jelaskan tata cara shalat berjama’ah !
b.
Penilaian Afektif
1)
Bentuk Instrumen : Lembar pengamatan peserta didik
c.
Penilaian Psikomotorik
1)
Bentuk Instrumen :
Lembar observasi/unjuk penampilan
Contoh Instrumen :
Praktikkan shalat dzuhur berjama’ah !
2. Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Konsep
|
Partisipasi
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
2.
3.
4.
Dst.
|
3.
Format Kriteria
Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Konsep
Partisipasi
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
* aktif berpartisipasi
* sebagian besar aktif
*sebagian kecil aktif
* tidak aktif
|
A
B
C
D
A
B
C
D
|
4.
Kriteria Nilai
A
= 80 – 100 : Baik Sekali
C
= 60 – 69 : Cukup
B
= 70 – 79 :
Baik D
= ‹ 60 : Kurang
Nilai = Jumlah skor perolehan / Jumlah aspek
. . . . . . . . . . , . . . . . . . . 20. .
Mengetahui, Guru Mapel Ibadah Muamalah
Kepala
Sekolah
![]() |
![]() |
||
NIP. NIM.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar